Selasa, 18 Februari 2014

Program Browsing Internet

Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.

      Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah. Beberapa contoh web browser diantaranya Internet Explorer, Mozilla, Firefox, Safari, Opera, dll. Hal yang perlu diketahui dalam pencarian suatu informasi adalah pemahaman tentang struktur Ã˜  Fungsi Web Browser :
 
Fungsi Web Browser adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dukumen-dokumen yang disediakan oleh web server.

1. Mozilla firefox.
Mozilla Firefox , adalah sebuah aplikasi untuk browsing yang sangatpopuler, dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open
source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
Jika anda memerlukan aplikasi browsing yang  ngacir dan teruji keamanannya saat travellingdi internet, Software ini wajib di coba dan dijadikan aplikasi browsingutama.

2. Google Chrome.
Chrome adalah peramban pertama yang menggabungkan terjemahan mesin pada peramban, tanpa memerlukan plugin atau ekstensi tambahan.
Jika bahasa pada laman web tidak sesuai dengan preferensi bahasa yang disetel pada peramban, Chrome akan menerjemahkan laman web menjadi bahasa yang Anda inginkan secara otomatis.
Sesuai dengan namanya google chrome adalah web browser besutan dari Google.inc




3. Opera. 
  
Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant.
 
4. Safari.
Safari adalah sebuah aplikasi browser dari Apple. Fitur tab pada Safari hampir sama dengan Chrome sehingga tidak memenuhi tampilan jendela browser ketika kita membuka banyak tab sekaligus. Untuk feature Bookmark Safari sangat baik karena mudah digunakan dan ketika kita melakukan atau membuka kembali hasil bookmark sangat cepat. Safari 4 Beta juga memiliki feature Private Browsing. Dan masih banyak lagi feature-feature andalan dari Browser yang satu ini.
 
 
 
  
5. Internet Explorer. 
Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagaiMicrosoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.  






6.  Netscape Navigator.
Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. versi pertama dari netape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center of Supercomputing Application di Urbana Champaign.

Netscape Navigator dapat digunakan untuk mengunjungi word wide web page dan juga dapat membuat serta melihat dokumen HTML yang ada bahkan dapat melihat bentuk asli dari dokumen HTML.


 Bagian-Bagian Browser yang Utama dan Fungsinya :
1. Menubar
    Fungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga   menutup suatu dokumen dan lain-lain.
2. Toolbar
    Fungsi untuk menampilkan ikon-ikon yang dikehendaki misal navigation, bookmark dan lainnya.
3. Statusbar
    Fungsi sebagai identitas disana ada status layar, besar-kecilnya tampilan dan lainnya.
4. NavigationToolbar
    Fungsi untuk menampilkan dan mengetikkan alamat url/situs web/blog. 
5. Scroolbar
    Fungsi untuk menaik/turunkan layar monitor. 
6. Titlebar
     Fungsi sebagai tempat menampilkan judul dari web/blog yang kita buka. 

dan lain-lain, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo